Selasa, 03 Mei 2011

Buat Lu yg lg ngerasain "sedih"



If you ever felt :

- Lost

- Sick n Sad

- Alone

- Rejected

or maybe you ever felt :

- Confused

- Anxious

- Wrong (Wronged)

- Guilty

- Angry

- Ashamed

- Curious

- or etc.....

............................?????



Yah, sbg seorg manusia, manusiawi memang klo lu smw prnh ngrasain berbagai reaksi bathin berupa emosi. Boleh jadi lu ngerasa sedih ketika kehilangan org2 yg berharga, marah ketika harga diri lu diinjak-injak, atau bahkan pernah juga lu ngerasa menyesal yg teramat sangat ketika melakukan sebuah kesalahan. Smw adl hal yg lumrah, sebuah kewajaran {krn emang emosi erat hubungan na dgn akal pikiran / pembeda antara manusia dgn hewan, (Sotoy kali gw :D lol)}



Suatu pukulan terberat, pastinya ketika lu kehilangan org yg berharga bgt dlm khdupan lu (kehilangan disini dalam makna yg universal) apalagi misalnya org itu sangat lu sayangin. Gak berlebihan mungkin klo saat itu pikiran2 gak masuk akal satu persatu mulai meracuni lu & akhirnya terlintas di fikiran lu kalo hidup lu udh gak ada artinya lagi Men/girl (tiada guna lagi kalo kate repvblik), sampe2 lu ngerasa kehidupan lu berasa ngeblank, ngulang, remedial, ato kembali lagi ke titik NOL.



Contoh kasus: ketika ada anggota keluarga lu yg meninggal, ketika lu di tinggalin salah satu sahabat ato teman terbaik ke t4 yg jauh, ato bahkan ketika lu putus/cut/end sama pasangan lu, lu pasti ngerasa sedih dan kemudian kehilangan (kalo gak, mesti konsultasi emosi ke psikolog tuh, wkwkwk)



Nah disini yg ane pngn share ke lu smw adl, ketika lu sedang ngerasain puncaknya tu rasa sedih, sakit, ato kecewa, jangan menghindar! hadapin semua rasa yg berkecamuk dalam pikiran lu apa adanya men, jgn berpura-pura tegar atau sembunyi dibalik topeng "berusaha ikhlas menerima cobaan" (kalo di zaman nabi lain cerita) Face it bro, jangan berusaha lari dari kenyataan. Jalan hidup manusia udeh ade yg atur, kita2 ckup ngejalaninnya aja, ngikutin skrip yg udah dikasih sama "sutradara" sang pencipta alam semesta.



Dengan catatan, jangan terlalu dalem lu larut dalam kesedihan ato kesakitan yg lu alamin, kasian diri lu sndr, terlebih keluarga lu yg ngeliat lu jg pasti gak tega (keluarga emang segala-galanya men). Kalo emang lu ngerasa lu kembali ke titik Nol kehidupan lu, berarti saat itu lu mesti siap nerima kenyataan bahwa, kemarin adalah masa lalu yg kagak mungkin bisa kembali ato lu perbaiki. Tinggal lu nya aja yg mesti nata ulang visi hidup lo (kalo kata bondan ft fade 2 black tuh "keep your vision alive & keep it smart brur" :p) nah, ada 12 resep buat mengurangi, ato bahkan mungkin bisa ngilangin rasa sedih di hati lu :



1. Sediakanlah ruang dan waktu; jiwa lu butuh waktu untuk pemulihan.

Berilah ruang buat diri lu sendiri. Kurangi harapan-harapan dan santailah. Artinya, jangan menyiksa diri lu jika harapan atau tujuan-tujuan tak terlaksana seperti yang diharapkan.



2. Ceritakanlah

Carilah teman dekat untuk mencurahkan perasaan lu. Penting bgt buat lu untuk melepaskan kesedihan dengan orang lain. Manusia diciptakan untuk menjadi makhluk sosial. Namun, imbangilah hal ini dengan menyisihkan waktu dan ruang untuk sendirian.



3. Katakan, “Selamat tinggal.”

Buatlah sebuah surat perpisahan kepada seseorang yang udh ninggalin lu. Itu adalah salah satu jenis penghilangan emosi yang dapat membantu proses penyembuhan. Namun, jangan paksakan diri lu. Lakukanlah hal ini bila lu ngerasa bahwa apa yang lu lakuin itu baik.



4. Kenanglah

Kumpulkan semua benda kenangan lu bersama orang yang lu cintai yang berupa foto, hadiah-hadiah, surat-surat, dan kartu-kartu. Tunjukkan koleksi tersebut kepada orang lain untuk ngebantu lu mencurahkan perasaan lu.



5. Menangislah

Menangislah jika lu udah siap. lu mungkin dalam keadaan terguncang dan penyangkalan, bahkan tidak merasakan kesedihan selama beberapa waktu, jam-jam pertama, atau kadang-kadang bahkan beberapa hari setelah kehilangan. Namun, ketika saatnya emosi mulai muncul, biarkan air mata lu mengalir.



6. Pergilah keluar!

Habiskan waktu untuk minum teh atau kopi di kafe, berkeliling di toko buku, atau jalan-jalan di pertokoan atau di taman.



7. Carilah dukungan.

Bicaralah dengan orang-orang yang dalam hidupnya sudah pernah mengalami kehilangan.



8. Ampunilah

Lu mungkin berpikir atau mengatakan “Saya seharusnya …. Saya seharusnya tidak …. Saya dapat …. Jika saja saya dapat ….” Pikiran-pikiran tentang apa yang seharusnya dilakukan dan tidak dilakukan hanya akan bikin lu gila. Gak ada manusia yang sempurna, jadi ampunilah diri lu sendiri dan orang lain.



9. Mencari pelarian.

Pelarian bisa jadi hal yang sehat dalam dosis yang tepat dan bisa disalurkan dalam berbagai bentuk. Misalnya, seseorang yang dalam keadaan tertekan dapat menghabiskan banyak waktu untuk tidur. Hal ini sebenarnya merupakan bentuk mekanisme pertahanan tubuh. Jadi, carilah pelarian! Pergilah menonton ke bioskop, lakukanlah hobi baru, banyaklah tidur siang, atau lakukanlah suatu perjalanan.



10. Berdoalah

Baca dan renungkanlah Kitab Suci. Dan sering sholat tahajud untuk muslim.



11. Singkirkanlah yang negatif.

Hentikan pikiran-pikiran negatif — ingat, pikiran-pikiran itu mengubah unsur-unsur kimia dalam otak lu menjadi hal-hal yang lebih buruk. Berhatilah-hatilah berada di antara orang-orang yang negatif. Jika memungkinkan, menjauhlah dari keadaan yang membuat lu sedih.



12. Berolahragalah

Jangan mengabaikan tubuh lu. Sekali-sekali, pergilah ke pusat kebugaran, di mana lu akan dikelilingi oleh banyak orang. Olah raga memperbaiki penghargaan diri dan menghasilkan hormon-hormon positif dalam tubuh lu. Kenikmatan yang timbul saat endorfin dilepaskan selama berolahraga dapat memberikan hasil yang mengagumkan. Maen basket bisa jadi alternatif (salah satu contoh aje, hehe)



Terakhir mungkin lu bisa sedikit mengutip lirik lagu V Minutes dgn berkata "S'lamat tinggal masa lalu, aku kan melangkah..." :)

Semoga bermanfaat buat lu smua fren (terutama buat w sndri) kuncinya adl "positif thinking aja sama rencana Tuhan. Ingatlah bahwa sesungguhnya Tuhan tidak akan memberikan cobaan diluar batas kesanggupan manusia, karenanya setiap masalah pasti ada jalan keluarnya"

Salam...





(inspired by MCR song's called i'm not okay)
(Sumber dari blogger yg saia lupa nama na, but thank u very much bro :p)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar